Rabu, 18 Mei 2011

Pembahasan Soal OSK Komputer 2011

Lambang TOKI
   Tulisan pertama blog ini diawali dengan membagi ilmu. Tanggal 10 - 11 Mei 2011 telah diadakan seleksi OSN tingkat kota. Saya adalah pembina tim olimpiade komputer SMAN 5 Surabaya sejak 2 tahun yang lalu. Dan alhamdulillah tahun pertama membina langsung dapat perunggu OSN melalui salah satu siswa saya Muhammad Imaduddin. Baru kali ini saya tertarik untuk membagi ilmu di bidang komputer terutama di bidang logika dan programming mengingat masih terbatasnya pembahasan materi-materi ini khususnya buat teman-teman di Jawa Timur (maju terus jatim).
   Kabar baiknya adalah saya akan membagi pembahasan soal seleksi olimpiade komputer tingkat kota tahun 2011. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang bersemangat menjuarai dunia di bidang ini. (maaf kalo tulisannya belepotan ini tulisan pertama di blog ini). Monggo silahkan download dari link di bawah ini gratis kok tolong kalo ada kesalahan saya diberi catatan/komentar karena manusia tidak pernah luput dari khilaf dan salah semoga bermanfaat. Majulah TOKI!! (walau saya belum pernah jadi anak toki karena dulu waktu sma tidak ada semangat ikut olimpiade takut juara kali.) Sorry.

Download Pembahasan OSK 2011 Oleh Rizki Wicaksana
Download Soal OSK 2011

13 komentar:

  1. Kalo ada minta soal olimpiade komputer tingkat nasional sesi 1

    BalasHapus
  2. soalnya osk ya untuk seleksi kabupaten kan

    BalasHapus
  3. makasih ya kk...
    mohon jg bantuannya utk pembahasan OSK 2012 kk...
    di tunggu...
    sekali thanks..

    BalasHapus
  4. Makasih bangettttt
    Udah nyari disini ketemunya

    hanya-inroger.blogspot.com

    BalasHapus
  5. ADA pembahasannya ga'..............

    BalasHapus
  6. untuk no 29 kok aneh ya?
    itu kan semua anak lebih dari 1 tahun
    tapi kok ada anak yang berumur 1 tahun?
    tolong di cek kembali :)
    ada yang lain yang beda tapi saya juga belum yakin untuk no lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah mungkin anda belum manangkap maksud saya. akan saya jelaskan lebih detail no. 29. kuncinya adalah perhatikan baik2 urutan syaratnya!

      Syarat 1 : "Aku punya 3 anak hasil perkalian umur mereka 36." dari syarat ini umur yang mungkin adalah sbb (saya tulis jumlahnya sekalian) :
      a. 1x1x36 jumlah 38
      b. 1x2x18 jumlah 21
      c. 1x3x12 jumlah 16
      d. 1x4x9 jumlah 14
      e. 1x6x6 jumlah 13
      f. 2x2x9 jumlah 13
      g. 2x3x6 jumlah 11
      h. 3x3x4 jumlah 10

      Syarat 2 : "Jumlah umur mereka sama dengan nomor rumah paling ujung di jalan ini yg dapat kita lihat"
      harusnya jika melihat tabel jumlah diatas dan melihat nomor rumah, orang ini tau umur anak yg dimaksud tapi ternyata masih tidak tau, karena nomor rumah itu ternyata adalah 13. karena jika selain 13 pasti langsung terjawab. Angka 13 diatas ada yang kembar antara 1x6x6 dan 2x2x9 sehingga butuh syarat tambahan lagi untuk memastikan umur anaknya.

      syarat 3 "Semua anak sudah lebih dari satu tahun"
      berarti dari sisa kemungkinan 1x6x6 dan 2x2x9 dipilihlah yang sesusai syarat ke-3 ini yaitu 2x2x9 dan jelaslah anak yang tertua berumur 9 tahun.

      SEMOGA MENGERTI.

      Hapus
  7. bingung ni cara downloadnya??

    BalasHapus
  8. mana yang mau didownload, ah bohong lu.,.

    BalasHapus
  9. kok jawabannya ndak berurutan ?

    BalasHapus